Times and Seasons





            Orang-orang mengatakan bahwa hidup ini ibarat sebuah roda, kadang di atas, kadang di bawah. Ada saatnya sukses, tapi terkadang bisa jatuh. Benarkah hal itu?



Tuhan saya mengatakan bahwa saya adalah kepala dan bukan ekor, yang artinya hidup saya akan selalu ada di atas, akan selalu naik.

Namun, mengapa ada saat-saat dimana saya pun ada di bawah??

Apa Tuhan berbohong? ^^








Hidup adalah sederetan musim-musim dan kita semua mengalami musim-musim kehidupan kita. Tuhan tidak pernah berbohong. Jika Tuhan sudah berjanji bahwa hidup kita akan selalu naik, akan selalu jadi kepala, so, itu PASTI TERJADI.

Mau tahu kenapa? Yuk, check this out =)

Persiapkan diri dan kencangkan sabuk pengamanmu karena kita akan berjalan-jalan menuju ke-4 musim kehidupan kita ^_^




WINTER
Musim Dingin
“Mengapa Hal Ini Tidak Terjadi???”

Di musim dingin, pohon-pohon mati dan tidak berbuah karena suhu yang rendah dan cuaca yang dingin. Di musim dingin juga, banyak hewan yang memilih untuk hibernasi dan tidak melakukan apapun.

Jika kita ada di musim dingin, kita akan merasa mati dan tidak produktif. Banyak hal yang kita kerjakan dan usahakan kembali dengan sia-sia. Gagal, gagal, dan gagal lagi.

Lalu, apakah dalam melewati musim dingin ini kita harus diam saja? Tentu tidak!

Kita harus bersiap-siap.

Lihat, hewan-hewan yang berhibernasi, mereka tidur dengan pulas dalam jangka waktu yang panjang, tapi mereka juga mempersiapkan persediaan makanan mereka.

So must we =)

Beristirahatlah dan persiapkan diri kita sebaik-baiknya, perbaiki hubungan kita dengan Tuhan dan sesama. Jika selama ini kita tidak punya waktu untuk Tuhan, keluarga, teman, atau bahkan diri kita sendiri karena kita terlalu sibuk, maka musim dingin adalah saat yang tepat untuk memperbaiki hal tersebut, menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih, mengevaluasi diri, dan membuat persiapan menghadapi hari-hari kedepan.

Give me six hours to chop down a tree and I will spend the first four sharpening the axe
-Abraham Lincoln-



SPRING
Musim Semi
“Menyembur Ke Mana-Mana”


Musim semi yang penuh bunga-bunga bermekaran, mentari yang bersinar hangat, serta binatang-binatang yang berlarian bebas memang adalah sesuatu yang menyenangkan. Demikian pula dengan hidup kita, hidup terasa menyenangkan selama musim ini. Musim ini biasanya diikuti dengan rasa penantian yang hebat. Kita menanti-nantikan musim ini, kita menanti-nantikan hal-hal baru yang menyenangkan dan menantang yang tidak kita alami di musim dingin.

Pada waktu-waktu tertentu dalam kehidupan musim semi kita, kita ada di ambang sesuatu yang baru. Ibarat ibu hamil yang sedang mengandung 9 bulan menantikan kelahiran anaknya, kita tahu ada sesuatu yang baru yang akan terjadi, kita tahu bahwa Tuhan hendak melakukan sesuatu, kita bisa merasakan gerakan dan getarannya, tetapi kita tidak tahu apa itu. Setiap hari dalam musim semi, kita hidup dengan harapan bahwa Tuhan akan menyatakan hal-baru-yang-kita-belum-tahu-apa tersebut supaya kita lega ^^

Menarik, bukan?? Rasa dag dig dug dan penasaran yang mengikuti musim semi.

Bunga apa yang sebentar lagi akan mekar?

Buah apa yang sebentar lagi akan tumbuh?

^^


SUMMER
Musim Panas
“Buah Musim Panas Itu Manis, Tapi Pada Hari-Hari Tertentu Bisa Menjadi Sangat Panas”

Musim panas dengan buah-buah yang ranum dan siap disantap mungkin merupakan musim yang paling dinanti-nanti oleh sebagian dari kita. Bagaimana tidak, musim panas adalah musim untuk berbuah ^^ Di musim ini, hidup kita akan menjadi lebih produktif. Keberhasilan rasanya mengikuti kemana kaki kita melangkah, menyenangkan, bukan?

Tapi, tunggu dulu!!

Jika musim panasnya terlalu panas, maka kadang-kadang ada buah yang busuk, lo ^^

Demikian pula dengan hidup kita, akan ada banyak peperangan yang harus kita hadapi. Berperang dengan jadwal kita yang padat, berperang dengan kesombongan kita, berperang dengan masalah-masalah yang datang dan lain sebagainya. Jangan sampai ya, buah kesehatan, hubungan, persahabatan, keluarga, study kita jadi busuk =)

Everything must be balance =) Pastikan buahmu manis.



AUTUMN
Musim Gugur
“Saya Merasa Lemah!”

Musim gugur adalah masa penuaian. Bibit yang telah kita tanam di musim panas mulai masak, siap untuk dituai dan disantap. Musim gugur berbicara tentang tanggung jawab dan waktu. Jangan sampai kita menuai terlalu cepat atau terlambat sehingga menyebabkan kerusakan panen, tidak mau kan buah-buah yang manis itu menjadi rusak dan busuk? Pada musim ini kita harus bertanya pada Tuhan kapan waktu yang tepat untuk menuai. Selektif dalam memilih nasihat juga sangat penting. Perhatikan pergaulan kita dan pastikan kita meminta nasihat pada orang-orang yang tepat yang dapat membangun hidup kita ^^


Selain masa panen, musim gugur identik dengan daun-daun yang berguguran. Daun yang gugur berbicara tentang kematian diri. Tuhan biasanya menunjukkan perbedaan paling menonjol dalam hidup kita selama musim ini. Tuhan tidak akan segan-segan mencabut dan membuang daun-daun kita. Awalnya rasanya pasti sakit, tapi percayalah bahwa maksud Tuhan adalah untuk kebaikan kita ^^













Hidup bukanlah ibarat roda yang kadang di atas dan kadang di bawah. 

Hidup adalah sebuah perjalanan. 



Dalam perjalanan tersebut, mobil yang saya naiki akan melalui jalan naik turun atau tidak jarang berkelok-kelok. Sama dengan musim-musim kehidupan tersebut, kadang kita mengalami musim-musim yang menyenangkan, tapi ada saat-saat dimana musim tersebut tidak lagi menyenangkan. 

Dengan mengetahui secara PASTI tujuan kita, bukankah perjalanan naik turun terasa menyenangkan? Kita TAHU PASTI kemana tujuan kita dan kita bisa membayangkannya. Pun, setiap kali kita melalui putaran musim yang berbeda, kita tidak akan menghadapi tantangan yang sama ataupun lebih kecil, namun kita akan menghadapi tantangan yang lebih besar. Itu tandanya kita sedang naik, walaupun keadaan kita saat itu sedang turun. Jadi, Tuhan tidak pernah berbohong, hidup kita akan selalu naik, tapi syaratnya, ketahui TUJUANMU ^^


Saya tahu pasti tujuan saya, yaitu kekekalan yang Tuhan sudah siapkan untuk saya.


"I am the way, the truth, and the life. No one comes to the Father except through Me."
          John 14:6




Dimanakah tujuan itu?


Di dalam YESUS, hanya di dalam Yesus maka hidupmu tidak akan naik turun, tapi SELALU NAIK. Baik di musim yang menyenangkan ataupun kurang menyenangkan, Yesus tidak akan pernah melepaskan tanganmu. Dan arahnya adalah arah yang PASTI, SELALU NAIK dan SELALU BAIK =)


Apapun musim kehidupanmu saat ini, jangan pernah lepaskan tangan Yesus 




God Always Loves You

Regards
Esther Irma E.

Inspired by "Women of Destiny-Cindy Jacob" and Ps. Jeffrey Rachmat Sermon "Turun tapi Naik"





Comments